Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

PIB PERFITRI 2018 JOGJA

April 28 @ 8:00 amMay 1 @ 5:00 pm

Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh

Infertility is “a disease of the reproductive system defined by the failure to achieve a clinical pregnancy after 12 months or more of regular unprotected sexual intercourse.”… (WHO-ICMART revised glossary).

Sebagaimana didefinisikan oleh WHO, infertilitas adalah suatu patologi yang kompleks yang membutuhkan penelusuran kausa dan penanganan yang tepat. Salah satu penanganan yang paling efektif adalah fertilisasi in vitro (FIV) dan beberapa teknologi yang terkait dengan FIV. Teknologi FIV telah menghasilkan kelahiran bayi lebih dari 6 juta bayi di seluruh dunia. Mengingkari efikasi dan tidak membuka lebar-lebar akses FIV terhadap pasangan infertil tidak saja tidak etis, namun juga berlawanan dengan prinsip-prinsip evidence-based medicine dan praktik kedokteran yang baik. Suatu penanganan infertilitas yang telah diketahui aman dan efektif seharusnya tersedia dan terbuka kepada setiap pasien infertil yang membutuhkan, tanpa ada barrier. Dalam hal ini kita perlu memberikan perhatian, bahwa kita semua seharusnya memiliki akses yang sama (equal) dan adil (fair) terhadap pelayanan infertilitas.

Di Indonesia, dengan jumlah pasangan usia subur 67.133.347 menurut data Profil Kesehatan Indonesia tahun 2012, maka estimasi jumlah pasangan infertil berkisar 8 juta (12%), dan sekitar 2,4 juta (30%) membutuhkan penanganan FIV. Dari angka ini diestimasikan pasangan yang mendapatkan akses penanganan FIV kurang dari 1%.

Kemajuan teknologi penanganan infertilitas telah sedemikian maju dengan lompatan-lompatan yang mungkin belum bisa dibayangkan pada era awal dilakukan FIV. Temuan teknik-teknik baru dan evidence tentang aspek keamanan, efikasi, dan kualitas dalam penanganan dalam FIV telah dipublikasi dan seharusnya menjadi panduan pelayanan.

PERFITRI menjadi wadah bagi para praktisi yang berbecimpung dalam pelayanan FIV, baik para ahli ginekologi, embryologi, urologi, andrologi, psikologi, konselor, paramedis, scientist dan pihak-pihak yang memiliki perhatian terhadap penanganan infertilitas.

Dengan Pertemuan Ilmiah Berkala PERFITRI ke-3 di Jogja ini ini kami harapkan dapat memberi manfaat sebesar-besarnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan sekaligus mengurangi barrier akses pelayanan FIV di Indonesia. Improving access and quality.
Wassalaam.

dr. Shofwal Widad, Sp.OG(K)


Details

Start:
April 28 @ 8:00 am
End:
May 1 @ 5:00 pm
Event Categories:
, ,
Website:
http://www.perfitri2018jogja.com

Organizer

SECRETARIAT
Phone:
081325495683
Email:
perfitri2018jogja@gmail.com

Venue

The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center

Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 7, Sariharjo, Ngaglik

Sleman Regency,

Special Region of Yogyakarta

55581

Indonesia

+ Google Map